Halo Assalamualaikum Gengs,
Kali ini mimin ingin berbagi cara bagaimana mengembalikan menu "Open Command Prompt Here" yang sebelumnya menu ini muncul ketika kita mengklik kanan sebuah folder sambil menekan SHIFT di Keyboard, namun kemudian opsi ini hilang digantikan oleh PowerShell.

Meskipun konon, PowerShell jauh lebih baik daripada CMD dimana Banyak tugas-tugas administrasi sistem yang dapat mengatur registry ke WMI (Windows Management Instrumentation), sementara CMD tidak mampu untuk mengatasi hal ini.. tapi tetap saja ya gengs bagi yang sudah terbiasa menggunakan CMD pasti akan sangat kehilangan.

Lebih lengkapnya agan-agan bisa cari di gugel tentang apa perbedaan Powershell dan CMD, sekarang kita akan fokus pada judul bahasan yaitu mengembalikan "Open CMD Here" di Windows 10.

Oke kita mula saja caranya, FOKUS!
1. Tekan Windows + R di keyboard untuk membuka jendela Run
2. Ketik regedit kemudian klik OK, Jika muncul pesan klik saja YES
3. Copy direktori ini "HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\cmd" kemudian paste di kolom atas setelah "Computer\" lalu tekan enter

4. Cari lalu Klik kanan folder cmd kemudian klik Permissions..
5. Klik Advanced
6. Pada jendela "Advanced Security Settings for cmd" Klik Change, lalu ketikan nama untuk user group baru, apa saja terserah misalnya ketik "Everyone" lalu klik "Check Names" untuk memastikan nama ini bisa digunakan, jika sudah klik OK. kemudian Ceklist pada bagian "Replace owner..." Klik Apply-OK

7. Pada jendela "Permissions for cmd", seleksi bagian "Administrators" lalu ceklist "Allow" pada menu "Full Control", klik Apply-OK

8. Terakhir di dalam folder "cmd" di jendela sebelah kanan rename "HideBasedOnVelocityId" menjadi "ShowBasedOnVelocityId" kalian tinggal ganti nama Hide nya saja menjadi Show.

Klik dua kali untuk memastikan bahwa nama valuenya sudah berubah. Kalau sudah klik OK lalu tutup jendela Registy Editornya.

Sekarang silahkan agan-agan cek dengan mengklik kanan folder sambil menekan SHIFT di kibord maka menu CMD sudah kembali seperti sediakala.

Untuk melihat video tutorialnya silahkan klik link tautan dibawah ini

Cara Mengembalikan "Open Command Prompt Here" di Windows 10

Selamat Mencoba

Post a Comment

 
Top