Saudaraku sebangsa dan setanah air, hari ini Kamis, 17 mei 2018 bertepatan juga dengan hari pertama Ramadhan 1439 H adalah hari yang sangat istimwa bagi saya, karena hari ini channel youtube saya telah pulih kembali setelah 167 hari atau 5 bulan 16 hari yang lalu digulung satpol pp youtube alias di suspend.

Curcol dulu ya gengs
Dibalik kesibukan kerja, saya membangun channel ini di mulai dari meng upload video-video tutorial alakadarnya pada akhir 2015, tau sendiri meng upload video tutorial tentang oprek  smartphone dan pc di awal-awal sangat sulit mendapatkan viewers dan subscriber, setelah beberapa video di upload dan hampir putus asa karena viewers tidak kunjung meningkat sehingga untuk mendapatkan dolar sangat jauh untuk dicapai akhirnya saya putuskan untuk reupload video, yang tidak berhak cipta tentunya, meskipun kita tau yang namanya reupload walaupun tidak berhakcipta sangatlah tidak dianjurkan atau istilahnya channel kita berada di lingkaran abu-abu tapi untuk meningkatkan viewers dan subscriber saya terpaksa melakukan hal ini walaupun saya tau resikonya .

Benar saja, setelah beberapa video sudah di reupload.. viewers dan subscriber meningkat pesat hingga akhirnya channel saya disetujui oleh adsense dan mendapatkan pencairan pertama pada april 2017 sebesar 1.7 juta, jumlah yang lumayan untuk pemula mengingat untuk daftar adsense via youtube saat itu semudah membalikan telapak tangan.

Namun itu tidak berlangsung lama, dua bulan kemudian sistem youtube mulai mengendus ada ketidak beresan dichannel saya hingga kemudian channel saya terkena suspend saaat itu juga tanpa pemberitahuan adanya klaim hak cipta dari pihak manapun dan tanpa adanya akumulasi strike..

namun saat itu saya sigap, begitu mendapatkan notifikasi suspend via email pada saat itu juga (5-10 menit kemudian) saya mengajukan banding dan tidak sampai sejam channel sudah pulih kembali.

Dari sini dolar mulai mengalir deras, rentang 6 bulan (mei-oktober 2017), jika ditotal saya sudah menerima transfer dari adsense youtube sebesar 27 juta! Itu pencapaian dan pendapatan yang spektakuler buat saya saat itu hingga akhirnya saya yakin chanel ini aman dan tidak akan terkena suspend lagi meskipun konten reupload.

Dalam posisi nyaman dan damai itu kemudian november 2017 saya memutuskan untuk berhenti kerja, saya akan fokus pada chanel saya walaupun penghasilan tiap bulannya tidak menentu tapi minimal 3.5jt sudah pasti masuk rekening. Kemudian pada 30 november 2017 saya buat surat pengunduran diri.

30 November 2017 Jam 16.00 saya mengajukan surat pengunduran diri, sewaktu dalam perjalanan pulang kerumah.. saya sudah membayangkan akan bekerja santai dirumah, ongkang-ongkang kaki kemudian dapet duit.. namun Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Jam 18.30 atau dua jam setelah mengundurkan diri dari perusahaan saya mendapat notifikasi email yang menyatakan bahwa channel kebanggan saya itu di suspend karena melanggar hak cipta, penipuan, dsb. Kemudian saya langsung mengajukan banding saat itu juga, namun apa daya.. 15 menit kemudian balasannya mengecewakan. channel saya tetap ditangguhkan.

Kaget, syok, sedih, kecewa, marah, bingung campur aduk jadi satu, pekerjaan lenyap channel kebanggan sumber pendapatan pun raib, sempurna sudah penderitaan hidup. Semalaman saya gelisah memikirkannya dan hampir tidak menemukan jalan keluarnya. Namun saya bukan orang yang mudah putus asa, pada posisi sedih dan terpuruk itu saya coba membuat channel baru lagi dengan akun email baru dan nomor hp baru, sementara konten masih tetep reupload, hehee..

Desember hingga januari channel baru tersebut viewers dan subscribernya masih dibawah 100, ditambah lagi sistem youtube kemudian mengupdate kebijakan melalui 4000 Jam dan 1000 Subsnya.. maka bertambah beratlah cobaan hidup hamba ini, namun perlahan tapi pasti, saya terus mengupload video hingga tidak terasa bulan ini (mei 2018) tinggal menunggu persetujuan adsense youtube untuk mendapatkan dolar karena sudah melebihi ambang batas yang disyaratkan, channel saya sudah 1 juta views dan 5K subscriber. Jika tidak ada aral merintang dan tidak di PhPin lagi, perkiraan akhir juni nanti sudah bisa dilihat hasilnya, disetujui atau tidaknya.

Kembali ke channel Lama saya yang di suspend.
Dari tanggal 1 hingga 14 desember 2017 hampir setiap hari saya mengajukan banding, namun jawabannya selalu sama yaitu "Anda baru saja mengajukan banding, tunggu hasilnya dan jangan banyak cingcong" kira-kira itu yang saya tangkap artinya.

namun pada saat mengajukan banding tanggal 15 jawaban berbeda, dia bilang "tunggu sebentar ya". kemudian kurang dari 24 jam kita akan menerima balasannya.
Setelah lama barulah saya faham bahwa mengajukan banding ke yutub cukup setiap 15 hari (dua minggu) sekali saja. Misal:

Jika kamu mengajukan banding tanggal 1 dan ditolak, maka cobalah lagi tanggal 15nya.
Jika kamu mengajukan banding tanggal 25 dan ditolak, maka cobalah lagi tanggal 9 atau 10nya.
demikian seterusnya, pokoknya ulangi 15 hari kemudian. karena percuma dan tidak ada guna mengajukan banding tiap hari meskipun ya, saya sendiri mengalami penyakit yang disebut PENASARAN.

Jika dihitung sesuai urutan (setiap 15 hari) saya mengajukan banding maka dari desember 2017 hingga pertengahan mei 2018 ini saya sudah mengajukan 11 kali banding. Dan yang ke sebelas ini baru di terima dan channel saya kembali mengudara setelah hampir 6 bulan tutup. Alhamdulillah.

Pesan dan Kesimpulan:
1. Jangan jadikan penghasilan yutub sebagai sumber utama pendapatan apalagi untuk menafkahi keluarga, jadikan sebagai sampingan saja. Kecuali jika channel kamu benar benar ori. itu tidak masalah dan bukan bahasan kita saat ini.

2. Jika Channel youtube kalian ditangguhkan atau di suspend jangan putus asa, apalagi jika ditangguhkannya tanpa alasan seperti akumulasi strike dan klaim hak cipta. Pokonya channel kita ujug-ujug disuspend aja. Jangan khawatir, cepat atau lambat pasti akan pulih kembali. Selagi menunggu channel lama pulih buatlah channel baru supaya penantian kita tidak terlalu sia-sia, sukur-sukur chanel lama pulih.. chanel baru pun berhasil menampilkan dolar, kan jadi untung bertubi tubi.

3. Lakukan pengajuan banding dengan teratur yaitu setiap 15 hari sekali.
Tidak ada kata-kata khusus untuk mengisi form pengajuan banding supaya disetujui, pakai kata mutiara pun kalo admin yutubnya lagi gak mood ya tetep aja ditolak. hehee..

FYI, ini kalimat pengajuan banding terkahir saya setelah sebelum sebelumnya menggunakan berbagai macam kalimat bujuk rayu tanpa hasil.

"Dear Youtube team
First, I already receive an email from YouTube team that my channel has been suspended because due to multiple or severe violations of youtube’s policy against Spam, gaming, misleading content, or other terms of service violations. I really for the mistake that i've made, and please reactive my channel. There not all my video have problem, i believe i never do spam or someting else. next time i will be carefull to not breaking the term please reactive my channel. i work hard to produce content daily and love what i do, just as i care about my audience. I wating for your response with a good news, Thanks."


Itu dia gengs cerita lika liku channel youtube saya semoga menjadi cambuk dan semangat baru buat kalian semua yang baru saja channelnya kena gusur satpam yutub.
JANGAN MENYERAH DAN TERUS SEMANGAT!

Post a Comment

  1. Look at the way my buddy Wesley Virgin's report starts with this shocking and controversial video.

    As a matter of fact, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he revealed hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get anything they want.

    As it turns out, these are the EXACT same SECRETS many celebrities (especially those who "come out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.

    You probably know how you use only 10% of your brain.

    That's mostly because the majority of your brainpower is UNTAPPED.

    Maybe that expression has even occurred IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about 7 years back, while driving an unlicensed, beat-up bucket of a car without a license and in his pocket.

    "I'm very fed up with living check to check! When will I finally succeed?"

    You took part in those types of conversations, ain't it right?

    Your success story is going to be written. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S SECRETS

    ReplyDelete
  2. Really I enjoy your site with effective and useful information. It is included very nice post with a lot of our resources.thanks for share. i enjoy this post. wow classic boost

    ReplyDelete

 
Top