Google Drive adalah layanan cloud storage dari google yang diluncurkan pada akhir April 2012 silam, sebuah layanan untuk menyimpan dan berbagi file di internet pada storage yang disediakan oleh google yang berkapasitas lumayan gede untuk kebutuhan blogger pemula seperti saya.

Menyimpan file di Google Drive sama dengan menyimpan file pada layanan data storage lainnya di internet, siapa pun bisa mengakses data yang kita upload kesana kecuali kita tentukan dulu siapa saja yang dapat mengakses data tersebut.

Mungkin bagi sebagian user mengupload data ke google drive sangatlah mudah, bisa berbagi dengan teman-teman lainnya yang membutuhkan namun tentu saja tidak semuanya faham pengaturannya. terkadang file yang kita upload ke Google Drive tidak bisa di download oleh sipenerima karena harus memiliki akses terlebih dahulu.

Berikut pengaturan dan cara upload data ke google drive supaya bisa di download oleh siapa saja atau hanya orang yang kita tentukan saja yang dapat mendownloadnya.

1. Masuk ke Google Drive
2. Klik Pada menu "My Drive". Untuk mengupaload file sobat cukup drag and drop filnye ke my drive. tunggu hingga proses upload selesai.

3. Berikut pengaturannya:
- Klik file yang akan dibagikan ke publik
- Klik ikon "Share" di menu bar atas (ke tiga dari ikon tong sampah)
- Setelah jendela Share terbuka disini ada dua pilihan, pertama apakah sobat akan berbagi file dengan teman saja atau dengan publik? Kalau hanya dengan teman saja sobat masukan alamat email teman di kolom "People" lalu pilih "Can Edit" lalu Klik Send.

Tapi jika sobat ingin berbagi dengan publik maka Klik "Advanced"
Pada menu "Who has Access" pilih "on-Public on the web" Lalu pada bagian Access anyone sobat bisa pilih "can Edit" Lalu Klik SAVE.

Copy link sharenya untuk disimpan di Blog atau tautan email.

Selesai.

Post a Comment

 
Top