Beberapa waktu lalu tepatnya 5 agustus 2015 saya mendapat email dari Google Billing Bahwa Pembayaran Adsense saya sudah dikirimkan melalui transfer bank (sesuai cara pembayaran yang saya pilih). Senang sedikit was-was, senangnya karena gaji "ketigabelas" akan cair lagi ditengah krisis isi dompet yang terkikis seusai lebaran hehee.. was-was karena saya sering gonta ganti pengaturan pembayaran, sebelumnya melalui western union tapi tidak kunjung datang malah ada pemberitahuan kalau pembayaran saya di cancel, lalu saya ubah menjadi lewat transfer kawat/bank dan sehari kemudian email dari Google Billing itu datang memberi kabar baik.

Sehari dua (6-7 Agustus) saya bolak balik atm hanya sekedar untuk mengecek isinya apakah sudah bertambah cling-cling atau belum, ternyata nihil, yang terlihat hanya saldo akhir yang mengenaskan, hari ketiga (10 agustus, karena sabtu minggu 8-9 tidak termasuk hari kerja) saya mendatangi CS Bank Unit dimana saya membuka rekening, saya katakan bahwa 5 hari sebelumnya si mbah kirim dolar ke rekening saya apa sudah bisa saya terima dengan suka cita? Apa kata CS? Belum ada transfer dari luar, coba cek ke cabang karena kalo unit tidak bisa mengecek billing ID pengiriman dari luar. Awalnya saya mau langsung berangkat ke Cabang yang dimaksud, tapi karena kesibukan kerja akhirnya saya putuskan untuk mendatanginya hari jumat saja (21 agustus 2015).

Dalam penantian yang tak pasti itu hampir sehari dua kali saya keluar masuk atm tapi rekening masih tetep zonk.
11 Agustus iseng iseng saya baca lagi FAQ Transfer Kawat dan ternyata begini:

a. Setelah mendapat email atau pemberitahuan dari google billing bahwa pembayaran anda sudah ditransfer, tunggulah 3 hari kerja (ingat! tiga hari kerja. sabtu tidak termasuk hari kerja).

b. Harap di ingat bahwa mata uang yang dikirim dari google adalah dolar, jadi tidak mungkin langsung masuk ke rekening kita begitu saja tapi terlebih dahulu masuk ke bank kita membuka rekening. Setelah bank menerima transfer dari google butuh beberapa hari kerja lagi untuk bank mengirim uang dalam mata uang rupiah ke rekening kita.

Jadi kalau di total bersihnya, lama pengiriman google adsense hingga benar-benar masuk ke rekening kita itu kurang lebih 10 hari kerja.

Setelah saya membaca FAQ Transfer kawat itu saya jadi males untuk pergi ke cabang, saya berniat menunggu saja sampai 10 hari kerja jika nanti benar-benar masih tidak ada barulah saya akan mendatangi Bank Cabang.

Kamis 13 Agustus, saya iseng-iseng lagi masuk atm, dalam hati kalo masih ga ada pun gak apa apa toh nanti saya mau ke cabang. Tapi dugaan itu meleset, begitu saldo di cek terlihat deretan angka yang bikin saya lemes kegirangan. Tidak banyak memang tapi lumayan buat beli pecel lele dan sisanya buat umroh mah hahaa..

Alhamdulillah.. Akhirnya cling-cling itu saya terima juga. Senang sekali rasanya. Blog yang tadinya terbengkalai jadi hidup lagi, semangat ngeblog berkobar lagi. Terimakasih Google :)

Berarti kalo dihitung sejak saya menerima email pemberitahuan kira kira 7 hari uang baru masuk ke rekening saya.  5 agustus 2015, 6-7-10-11-12-13 agustus 2015 (7 hari kerja).

Sekedar info, saya menggunakan Bank BRI Britama.

Post a Comment

  1. If you're looking for a good contextual ad company, I suggest you take a peek at Chitika.

    ReplyDelete

 
Top