Cara ini tentu saja di khususkan untuk almukarrom para pemula atau newbie yang ingin membuat email sendiri tanpa bantuan teman atau orang lain. meski tutorial ini tanpa gambar pembantu tapi akan lebih mudah difahami karena tutorial ini dibuat sambil praktek dan tidak ada satupun step yang terlewatkan. Selamat mencoba.

Cara membuat Email (gmail):
1. ketik "gmail.com" tanpa tanda kutip di browser
2. Klik "Create an account"
3. Isi form nama, alamat email, password, tanggal lahir, dll
4. pada bagian "Mobile phone" sebaiknya anda isi dengan nomor hape yang selalu aktif karena ini berguna untuk memverifikasi akun anda menyelamatkan data dsb nanti jika sewaktu waktu anda lupa password email.

5. Kosongkan pada bagian "Your current email address" lalu ceklist pada 'Prove you're not a robot dan "I agree to the Google Term of Service and Privacy Policy". Selanjutnya Klik 'Next step'

6. Di form "Verify your account" pilih "Text message (SMS)" lalu Klik "Continue" Tunggu hingga sms masuk dari Google untuk memverifikasi akun anda, jika sudah, masukkan codenya lalu Klik "Continue"

7. Selesai, email anda sudah siap digunakan.

8. Klik alamat email di pojok kanan atas lalu Klik "Join Google+" ketika muncul popup Langsung saja Klik "Create" dan Google Plus anda sudah jadi, untuk merubah profile google plus nanti bisa menyusul, sekarang kita fokus ke pembuatan Blog.

CARA MEMBUAT BLOG (blogspot.com)

1. Pastikan email anda masih terbuka atau tidak perlu sign in lagi.
2. ketik "blogger.com" di browser tanpa tanda kutip
3. Di kolom "Bahasa" pilih bahasa sesuai yang anda inginkan tapi saran saya pilih bahasa inggris (English United States) selain sambil kita belajar bahasa Linggis pemilihan bahasa ini juga berguna untuk mengajukan Google Adsense kelak jika blog kita sudah ramai pengunjung, lebih mudah di acc apalagi kalau konten blog anda juga menggunakan bahasa inggris.

4. Ok, Next... Klik "Continue to Blogger"
5. Klik tab "New Blog"
6. Pada kolom title ketik judul atau tema blog anda tentang apa nantinya, misal blog tentang masak isilah title dengan "Aneka Resep Masakan" atau anda mau buat blog curhat isi dengan "Catatan si Aku Tea" misalnya.

7. Selanjutnya di kolom "Adress" ini adalah alamat blog anda nanti, pilih alamat blog yang unik dan gampang di ingat, tapi jangan khawatir.. alamat ini bisa diganti jika sewaktu waktu anda mendapat wangsit bahwa nama blog harus diganti, hehee..

8. Jika sudah menemukan alamat yang di inginkan, selanjutnya pilih template standar bawaan blogspot dibawahnya, kalo sudah klik "Create blog!"

9. Selesai. Blog anda sudah menggugel, untuk melihat langsung tampilan blog klik "View blog"
Untuk cara posting dan mempercantik blog tunggu di posting smartass selanjutnya. atau anda bisa search dulu di si mbah. hehee.. maaf gan rusuh nih.. tugas kuli masih menggila. :v

Post a Comment

 
Top