Berawal dari iseng iseng Root Samsung J2 (SM-J200G) menggunakan TWRP dan SuperSU seperti tutorial yang saya baca dan praktekan, yang mana bukannya berhasil tapi hape Samsung J2 ane malahan error gak karuan. Pertama setelah instal twrp itu terjadi bootloop alias loading hanya sampe mentok di logo Samsung, udah gitu restart lagi terus dan terus, ane coba masuk lagi ke twrp, delete chache - dalvik - data, format data sampe format system tapi hasilnya tetep nihil, terakhir setelah dikocok dan diutak atik dengan berbagai cara termasuk di flash melalui Odin hapenya malah tambah sakit, tidak bisa masuk twrp, menu twrp tidak muncul dan terus menampilkan pesan error dan Kernel is not Seandroid Enforcing. Untungnya dalam hal apapun ane tidak pernah menyerah, pantang mundur sebelum tandur, pantang kalah sebelum mendesah..oh yeah!

Seperti Naruto yang baru dibabuk Kaguya, dalam keadaan otak lelah dan nyaris putus asa itu ane coba bangkit perlahan, sekali lagi browsing menyusuri laman laman yang mungkin bisa diajak dugem atau minimal bisa memecahkan masalah yang ane hadapi. Dan Voila! Hape yang udah sekarat itu kini bisa teriak lagi i'm alive! i'm alive!

Jadi, bagi sobat yang punya masalah seperti ane janganlah berputus asa, teruslah berjuang sampe darah itu benar benar habis dan tinggal setitik lagi.
Lalu bagaimana bisa hape ane hidup lagi?

Caranya:

1. Instal Samsung USB Driver, Download Disini

2. Download Firmware Asli/Original

Berikut download firmware ori sesuai devicenya: (recommended!)

Samsung Firmware (anda harus login/register terbih dulu)

3. Khusus untuk kasus seperti ane (Samsung Galaxy J2), flash menggunakan Odin3 V1.85 Karena ane sudah coba dengan versi lain hasilnya FAIL! jika ada yang berhasil menggunakan versi lain anda BERUNTUNG! Download Odin3 v1.85 (recommended!)

4. Sudah itu saja, Semoga berhasil.

Bagi yang belum tau cara flash dengan Odin3 v1.85:




Pastikan Samsung USB Driver sudah terinstal

a. Ekstrak Firmware yang sudah di download

b. Buka Odin3 v1.85

c. Matikan Samsung J2 sobat yang error itu bagaimanapun cara mematikannya, bisa dengan tekan lama tombol power, copot batre atau jatohin dari lantai 99 (yang terakhir ini bisa dicoba kalo setelah di flash dengan cara ini masih tetap gakbisa - kagok bajred).

d. Setelah hape mati, Tekan Volume Down+Home+Power secara bersamaan, nanti akan masuk ke download mode, tekan Volume Up untuk melanjutkan (Continue)

e. Pada Tampilan Odin3 v1.85 Klik menu PDA lalu cari dimana firmware yang tadi sobat ekstark, nama filenya harus berakhiran .tar.md5
Contreng Auto Reboot dan F.Reset Time (biasanya ini sudah otomatis tercontreng)

f. Selanjutnya sambungkan Samsung J2 menggunakan kabel USB, pastikan terdeteksi di Odin3. Cirinya terdetek akan terisi 0:[COM..] pada kolom ID:COM dan ada pesan Added! di kolom Log.

g. Terakhir, Klik Start. Jika pada tahap ini Berjalan normal dengan ditandai pesan BOOT - RECOVERY dan lainnya pada jendela kiri atas Odin3, maka sudah dipastikan Samsung J2 sobat akan hidup kembali. Tunggu proses ini hingga Selesai sampai terlihat tulisan PASS!

Akhirnya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan jejak.
Semoga membantu, dan Terimakasih.

Post a Comment

  1. Berarti gak jadi di root dong min

    ReplyDelete
  2. Berarti gak jadi di root dong min

    ReplyDelete
  3. udah di ikutin mimin..tapi msih jg gak bsa masuk di mode fictory..
    samsung ace 3 udah pakai odin versi kitket..ada tulisan com nya..ada tulisan pas nya jg..stelah saya cabut..dan msuk dlm mode fictory tdk bsa jg mimin...mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  4. Min punya ane pas mau masukan frimewarenya ke PDA kok malah gak terdeteksi malah recovery wtf nya yang bisa

    ReplyDelete
  5. trimz kak....
    sangat membantu...

    ReplyDelete
  6. fw yang asli gratisan ada gak mas broo??

    ReplyDelete
  7. PARAH ini.....:(((((

    Hp gw Galaxy S5 udah kena Knox warranty void! Padahal ga root, ga instal custom rom bahkan ga instal custom recovery.

    Gw cma instal software update utk update Android security patch malahan restart terus bahkan mau kmbali ke pabrikan (factory reset malah tertulis (Kernel is not Seandroid Enforcing) atau (Recovery is not Seandroid Enforcing) bahkan sebelum flashing lwt Odin, Eh..... Malah kena Knox warranty void 0×1





    AAAA Menyesal gwa beli hp Samsung..... 👿

    ReplyDelete
  8. note 3 neo...awalnya keluar pesan kernel-is-not-seandroid, lalu sy lakukan flash menggunakan Odin dgn pesan akhir 'Failed'...stlh itu hp mati total...jk dicolok ke charger layarnya ngeblink putih satu kali...stlh itu tak bisa diapa2in lagi...

    ReplyDelete

 
Top